Cara Merawat Motor Matic

 

Merawat motor matic merupakan hal yang wajib dilakukan agar bisa membuat kendaraan selalu dalam kondisi prima dan menghindari kerusakan yang lebih parah. Jika mesin tidak dirawat maka kondisi motor matic akan menjadi cepat rusak, yang tidak hanya membuat sepeda motor matic dalam kondisi cepat rusak, namun juga bisa membahayakan jika kita mengendarainya. Banyak yang bilang jika merawat motor matic lebih sulit daripada merawat motor non matic. Padahal faktanya tidak demikian, justru merawat motor matic itu lebih mudah dan murah dalam merawatnya. Dengan melakukan perawatan yang baik dan benar maka akan membuat motor matic Anda menjadi awet, tahan lama dan tentu saja akan nyaman jika Kita mengendarainya.

Motor matic injeksi irit harga murah

Kali ini Saya akan memberikan beberapa tips yang baik dan benar dalam merawat motor matic supaya kondisi motor matic selalu tetap prima, awet dan tahan lama. Berikut ini bebrapa tips dan cara merawat motor matic :

  1. Setiap pagi hari atau sebelum mengendarai motor sebaiknya panaskan dulu mesinnya, caranya yaitu dengan menghidupkan mesin motor matic selama kurang lebih 10 menit. Hal ini perlu dilakukan karena  setiap pagi biasanya mesin motor masih dalam keadaaan dingin dan perlu dipanaskan terlebih dahulu jika akan menggunakan motor matic tersebut.
  2. Ketika sedang mengendarai motor matic jangan terlalu sering memainkan gas atau merubah-rubah kecepatan motor secara mendadak. Misalnya yang tadinya motor sedang melaju dengan kecepatan tinggi, lalu tiba-tiba mengerem mendadak atau sebaliknya. Dan tentu saja cara mengendarai seperti itu akan memperpendek umur mesin motor matic Anda. Jadi ketika mengendarai motor matic diusahakan tarikan gas harus selalu stabil dan jika ingin mengehentikan laju motor sebaiknya mengurangi tarikan gas secara pelan-pelan.
  3. Jangan lupa selalu perhatikan indikator bensin yang berada didekat speedometer. Jika jarum pada indikator sudah mendekati garis merah, maka sebaiknya segeralah mengisi bensin di Pom Bensin terdekat (Sangat tidak disarankan untuk menunda atau mengisi bensin dalam keadaan Empty, karna efeknya suatu saat nanti akan membuat mesin motor matic menjadi cepat rusak).
  4. Rajin-rajinlah membawa motor matic Anda ke tempat service motor (Ini dilakukan secara rutin sesuai jadwal yang telah ditentukan pada buku manual atau atas anjuran teknisi di tempat service motor). Biasanya service motor dilakukan setiap penggunaan motor sudah mencapai 2000 km atau kurang lebih sekitar 2-3 bulan.
  5. Mengganti oli mesin dan oli transmisi motor secara teratur sesuai dengan petunjuk buku manual yang diberikan ketika pertama kali membeli motor matic injeksi irit harga murah.
  6. Pada saat service motor sebaiknya minta tolong ke teknisi untuk memeriksa kondisi vent belt dan roller, Jika sudah tidak layak pakai sebaiknya diganti yang baru serta original.
  7. Mengecek busi dan aki motor secara rutin, Karena dengan kedua perangkat tersebut motor matic bisa bertenaga dan melaju dengan kencang. Jika kedua perangkat tersebut sudah rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka segeralah ganti dengan yang baru (disarankan membeli yang original dibengkel resmi).
  8. Selalu bersihkan ruang transmisi secara berkala kurang lebih setiap 4000 km, karna diruangan transmisi tersebut terdapat beberapa komponen yang rentan kotoran.
  9. Gantilah oli shockbreaker kurang lebih setiap 10.000 km, karna pada umumnya motor matic hanya menggunakan single shockbreaker.
  10. Dan yang terakhir jangan lupa selalu menggunakan spare part original yang bisa dibeli di bengkel-bengkel resmi.

Itulah beberapa tips cara merawat motor matic yang baik dan benar. Semoga bisa bermanfaat untuk Kita semua, khususnya untuk para pengguna motor matic. Dan jangan lupa untuk membaca artikel Tips mengendarai motor matic. Bagi yang belum mempunyai motor matic, segeralah membeli Yamaha Mio J yang terbukti sebagai motor matic injeksi irit harga murah.