Instalasi Plugins di WordPress

Instalasi plugins di wordpress sangat mudah dilakukan, di artikel ini akan dibahas beberapa cara instalasi plugins yang disediakan di Dashboard WordPress. Plugins yang telah terinstal di blog anda bisa dilihat di menu bagian kiri Plugins > Installed.

Untuk menambah plugins ke blog anda bisa dilakukan secara otomatis dari WordPress Plugin Directory atau upload manual file .zip plugins melalui halaman Plugins > Add New atau melalui upload FTP.

Instalasi Otomatis

Instalasi otomatis bisa dilakukan di halaman Plugins > Add New dengan melakukan search plugins yang dikehendaki di halaman tersebut.

Search Plugins

Setelah search akan muncul list plugins yang dicari.

Hasil Search

Klik pada link install untuk melakukan instalasi plugins pilihan anda. Nanti akan mucul pop up seperti dibawah ini, lalu tekan tombol Install Now.

Description Plugins

Setelah selesai installasi akan muncul halaman pemberitahuan kalau installasi telah berhasil dilakukan. Sebelum bisa menggunakan plugin tersebut, plugins harus diaktifkan dahulu.

Activate Plugins

Instalasi Manual

Instalasi manual digunakan kalau instalasi otomatis gagal. Yang harus dilakukan pertama kali adalah mencari dan download plugins yang anda kehendaki.

Anda bisa ke http://wordpress.org/extend/plugins/ untuk mencari dan download plugins anda.

Setelah anda download plugins, navigasi ke Dashboard WordPress anda, Plugins > Add New. Kemudian klik link upload.

Browse file dan klik tombol Install Now

Upload Plugins

Instalasi Melalui FTP

Anda juga bisa melakukan instalasi plugins WordPress dengan menggunakan FTP. Yang harus dilakukan adalah download plugins yang diinginkan lalu upload ke direktori wordpress di hosting anda, direktori plugins ada di /wp-content/plugins/

Cara upload file dengan FTP bisa dibaca di Upload File

Demikianlah cara instalasi plugins wordpress, sekarang anda bisa melakukan installasi plugins secara otomatis, upload manual dan upload melalui FTP.