Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic

 

Mungkin akhir-akhir ini Anda melihat jika Motor matic semakin banyak digunakan dan semakin populer. Melihat hal ini, bagi Anda yang belum pernah menggunakan sepeda motor matic mungkin bertanya-tanya akan kelebihan dan kekurangan motor matic. Lalu apa saja yang membuat motor jenis ini semakin banyak disukai? Jika Anda berencana membeli motor dan memasukkan motor ini kedalam pilihan Anda, sebaiknya Anda mengetahui keunggulan dan kelememahannya terlebih dahulu. Anda tentu saja tidak ingin membeli kucing dalam karung bukan? Dengan mengetahui berbagai detail dari motor ini, itu bisa membantu Anda mengira-ngira apakah motor ini sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

Ada banyak sekali variabel yang bisa digunakkan untuk menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan motor matic tersebut. Untuk kelebihannya, motor matic tentu saja lebih mudah digunakkan oleh pemula karena motor ini tidak memerlukan penggantian gigi secara manual. Hal ini tentu mempermudah pemula karena mereka hanya perlu berurusan dengan gas dan rem saja. Sepeda motor ini juga nyaman digunakkan di lalu lintas yang padat karena memiliki wheelbase yang pendek. Ini membuat motor matic terasa lebih lincah. Desain motor sendiri yang menggunaka dek yang cukup luas membuat kaki anda bisa bergerak bebas. Ini membuat anda tidak mudah lelah saat harus berkendara cukup lama.

Motor matic injeksi irit harga murah

Untuk kekurangannya, cukup banyak hal yang membuat motor dengan transmisi manual terlihat lebih unggul. Yang paling terlihat adalah konsumsi bahan bakar. Berbagai tes yang dilakukan dengan membandingkan motor manual dengan motor matic menunjukkan bahwa motor manual lebih irit sekitar 10% daripada motor matic. Secara umum, motor manual juga memiliki tingkat akselerasi yang lebih baik daripada motor matic. Ini terjadi karena gearbox motor manual lebih ringan dan tidak ada konverter torsi yang mengkonsumsi sebagian dari torsi yang dihasilkan mesin.

Dalam tingkat keandalan mesin, motor matic juga sering diasumsikan memiliki tingkat yang lebih rendah dari motor manual. Hal ini karena motor matic menggunakan sistem transmisi yang lebih rumit sehingga meningkatkan resiko kegagalan sistem. Di lain sisi, motor manual memiliki sistem transmisi yang lebih sederhana. Dalam hal desain, lingkar ban yang lebih kecil membuat motor matic terasa lebih keras untuk melibas jalanan yang bergelombang.

Dari kelebihan dan kekurangan motor matic diatas, bisa dilihat motor matic terlihat memiliki lebih banyak kekurangan daripada motor manual. Akan tetapi, hal ini bersifat relatif. Tergantung bagaimana Anda menyikapi dan melihat apakah motor ini masih relevan dengan kebutuhan Anda. Bisa dikatakan jika motor matic lebih nyaman digunakkan di daerah perkotaan. Anda juga bisa mengurangi berbagai kekurangan bahkan mengeliminasi berbagai kekurangan dari motor matic ini jika anda menggunakan teknik berkendara yang baik dan mengikuti prosedur pemakaian.

Dalam beberapa kasus dimana motor matic memakai mesin yang lebih canggih terbukti dapat menghasilkan akselerasi yang lebih baik dan irit bahan bakar, seperti Yamaha Mio J yang sudah terbukti sebagai Motor matic injeksi irit harga murah. Jadi performa dan kualitas motor matic lebih tergantung kepada jenis mesin dan mungkin brand tertentu.