Mengecek penggunaan space hosting

Setelah beberapa saat digunakan, jumlah penggunaan disk space di account hosting lama-lama akan bertambah dan quota disk space bisa penuh jika kita sering melakukan update isi website atau posting tulisan di blog atau website. Perlu diketahui bahwa quota disk space tersebut meliputi penggunaan email (termasuk folder Sent dan Trash),  database serta tentu saja file-file website yang terletak di dalam folder public_html.

Cara mengecek statistik penggunaan space hosting.

Sebenarnya kita bisa langsung melihat jumlah disk space yang digunakan dan sisanya dengan melihat status di halaman CPanel pada panel sebelah kiri. Tetapi status ini tidak realtime, jadi harus menunggu beberapa menit agar statusnya refresh dan menunjukkan nilai sebenarnya.

Cara yang paling dianjurkan adalah dengan menggunakan menu Disk Space Usage yang terdapat di CPanel:

Disk Space Usage

Dari sini nanti kita bisa melihat ukuran masing-masing direktori sehingga kita bisa mengetahui folder mana yang membuat account hosting kita penuh.

Contoh tampilannya adalah sebagai berikut:

Disk Space Usage Summary

Kemudian di bawahnya ada list detail penggunaan disk space per folder, kita bisa klik pada nama folder untuk mengetahui status penggunaan disk space di subfolder di bawahnya.

Apa yang terjadi kalau space hosting Anda penuh?

Jika space hosting Anda dalam keadaan penuh, ada beberapa gangguan yang mungkin muncul, antara lain adalah:

  • Tidak bisa menerima/mengirim email.
  • Tidak bisa upload data/file ke account hosting.
  • Munculnya error 500 (internal server error) di website.

Jika yang membuat penuh adalah direktori public_html, sebaiknya file-file yang sudah tidak digunakan dihapus untuk menghemat disk space. Jika Anda menggunakan CMS (misalnya Joomla atau WordPress) sebaiknya jangan mencoba menghapus file-file bawaan CMS tersebut kecuali Anda benar-benar mengetahui mana yang bisa dihapus. File-file yang mungkin bisa Anda hapus adalah file backup (jika ada), atau file-file lain di dalam public_html yang bukan bawaan dari CMS yang Anda gunakan.

Jika dari Disk Usage Summary di atas terlihat bahwa direktori Mail yang penuh, Anda bisa masuk ke webmail untuk kemudian menghapus email-email yang ada di folder Trash dan Sent. Meskipun sebelumnya sudah dihapus dari Inbox, email yang masih ada di folder Trash sebenarnya belum benar-benar dihapus sehingga berpotensi menghabiskan quota disk space hosting.

Space hosting Anda masih tetap penuh?

Setelah Anda  menghapus file dan email  tetapi disk space Anda masih penuh, berarti Anda memang harus segera mengupgrade paket hosting yang Anda gunakan saat ini agar bisa menampung lebih banyak file dan email.