Penyebab could not connect to MySQL database

Masalah nama database MySQL dan username MySQL ini sering membingungkan bagi pemula dan pada akhirnya menyebabkan script atau CMS yang digunakan tidak dapat terhubung ke database, dengan pesan semacam “Could not connect to MySQL database … Warning: Access denied for user: ‘x@localhost’ (Using password: YES) in…“.

Setiap database dan username MySQL yang kita buat pasti akan ditambahkan username CPanel di depannya. Hal ini dengan maksud untuk membedakan nama database dan nama username MySQL antara account satu dengan yang lain, karena bukan tidak mungkin akan ada lebih dari satu orang yang membuat database bernama –misalnya– “bisnis”.

Jadi ketika kita membuat database bernama “bisnis” dan username CPanel kita adalah “dunia10” maka otomatis nama database akan menjadi dunia10_bisnis. Begitu juga untuk username MySQL, ketika kita membuat username “yanto” secara otomatis username MySQL tersebut akan menjadi dunia10_yanto.

Jika Anda sudah membuat nama database dan username MySQL di cpanel, jangan lupa bahwa penulisan di script atau CMSnya juga harus benar. Ketika menuliskan pada script atau CMS, kebanyakan para pemula lupa menyertakan username Cpanel dalam penulisan nama database dan username MySQL nya, misalnya: nama database dunia10_bisnis, tapi yang dituliskan hanya bisnis nya saja, begitu juga username MySQL yang seharusnya dunia10_yanto, tapi yang dituliskan hanya yanto nya saja.  Masalah penulisan nama database dan username MySQL ini sangatlah penting, jika ada kesalahan dalam penulisan yang terjadi adalah website Anda akan error, karena script atau CMS Anda tidak bisa connect ke databasenya.

ok sekian, semoga bermanfaat.