Penyebab password facebook dicuri

Sudah banyak kita temukan kasus account Facebook yang dibobol orang yang ngaku-ngaku hacker/cracker. Coba saja lihat di forum-forum atau blog yang memuat artikel tentang cara hacking Facebook. Banyak yang meminta tolong untuk mengembalikan account Facebook-nya, tapi juga tidak sedikit yang malah meminta cara detilnya untuk dipelajari dan dipraktekan. Ada beberapa penyebab kenapa account facebook bisa di hack  atau dicuri orang lain,  diantaranya adalah karena kelalaian pengguna itu sendiri dan ada juga berkat usaha dari hacker/cracker tersebut. Berikut beberapa penyebab lainnya kenapa password facebook bisa dihack atau dicuri:

  1. Password Mudah Ditebak, Hindari memilih password yang simpel, mudah ditebak, seperti tanggal lahir, nama belakang (panggilan, pacar, saudara). Hindari juga password yang hanya terdiri dari huruf, usahakan dengan berbagai kombinasi angka, huruf dan karakter, sehingga akan susah untuk dijebol.
  2. Lupa LogOut/Keluar, Biasanya terjadi karena buru-buru meninggalkan komputer dan belum sempat logout/keluar dan langsung menutup aplikasi browsernya (mozilla, opera, IE,  dll). Sehingga password dan username masih tersimpan dalam cookies browser yang anda pakai. Ketika seseorang datang dan memakai komputer dan browser yang sama maka halaman facebook Anda akan langsung ditampilkan dalam posisi login. Akibatnya akan sangat fatal sekali, pengguna tersebut bisa saja dengan mudah mengganti password dan username/email facebook Anda, jika hal ini terjadi makan account facebook tidak akan bisa dibuka lagi. Tips: Sebelum meninggalkan komputer wajib keluar dulu dengan cara mengklik tombol Logout/keluar atau dari menu browser klik Tools, Clear Recent History (mozilla), Browser Internet Explorer klik menu Tools, Internet Option, lalu klik tombol Delete Cookies, Delete Files.
  3. Berbagi Password, Sebisa mungkin jangan memberitahu password  facebook Anda dengan siapapun, karena hati seseorang itu bisa berubah setiap saat.  Misalnya ketika terjadi perselisihan diantara Anda dengan seseorang.
  4. Fakelogin, Cara ini merupakan cara yg bisa dilihat dengan jelas. Pada saat membuka browser (contohnya : mozilla firefox), biasanya langsung menuju kesebuah “Home Page” yg terlihat seperti Halaman Awalnya Facebook. Tapi ketika Address Bar-nya diperiksa, maka tercantum sebuah situs yg jelas-jelas bukan dari facebook.com. Tips: Sebelum mengisi email dan password facebook, pastikan URL sudah benar tertulis http://www.facebook.com
  5. Keylogger, adalah software yang dapat merekam aktivitas user dikomputer. Hasil rekaman itu biasa disimpan berupa teks atau gambar, bahkan bisa mengirimkan data rekaman tersebut kepada pemilik atau pemasang keylogernya. KeyLogger menyimpan semua kegiatan atau ketukan pada keyboard user dan  mengirimkan kepada hacker yang menginstall aplikasi tersebut. Ketika anda mengetik username dan password pada komputer yang sudah terintall keylogger maka account facebook Anda sudah bisa diambil alih oleh hacker tersebut. Tips: Gunakan On Screen Keyboard Windows untuk mengetik username dan password, caranya dari Start, All Program, Accecories, Accessibility, On Screen Keyboard. Untuk menulisnya klik dengan mouse pada huruf, angka atau karakternya. Gunakan kombinasi password antara huruf, angka dan karakter sehingga password sulit untuk ditebak oleh hacker.
  6. Reset Password atau Kata Sandi, Reset password atau kata sandi hanya bisa dilakukan jika seseorang mengetahui email yang kita gunakan sebagai username facebook, userid email dan password email. Cara kerjanya, seseorang mereset kata sandi melalui halaman facebook, lalu memasukkan email (username facebook kita), facebook akan mengirim kode konfirmasi ke email, seseorang itu membuka email dengan username dan password yang sudah dia dapatkan sebelumnya. Lalu mendapatkan kode konfirmasi untuk mendapatkan password facebook Anda. Nah, jika ketiga hal itu terpenuhi maka seseorang bisa saja dengan mudah merebut facebook dan mengganti password facebook kita. Tips: Usahakan membuat userid dan password yang berbeda antara facebook dengan email dan jangan menampilkan email (username) pada profil facebook Anda.
  7. Konfirmasi Kata Sandi Facebook, Hal ini sama dengan poin ke-6 diatas, beberapa orang sering mengirimkan sebuah email yang mengatasnamakan facebook, dalam email tersebut kita diarahkan untuk mengklik sebuah link, ketika diklik akan menuju sebuah halaman yang mirip facebook. Baca poin 8 dibawah ini.
  8. Phising, adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit Anda secara tidak sah. Sebelum menginput kata sandi dan username perhatikan apakah alamat URL sudah benar, www.facebook.com. Karena banyak sekali situs tiruan atau situs palsu yang tampilannya sama persis dengan halaman facebook asli, sehingga kalau dilihat sekilas akan sulit membedakannya. Pada saat kita menginput username dan password pada halaman palsu tersebut maka username dan password facebook akan segera dikirim kepada hacker pembuat situs palsu tersebut.
  9. Aplikasi Facebook, hati-hati dengan tawaran cara merebut kembali chip poker yang dicuri, hack chip poker. Dengan popularitas game poker belakangan ini banyak oknum yang memanfaatkan ini untuk mengumpulkan username dan password facebook orang lain.  Cara kerjanya; biasanya anda akan diberikan sebuah alamat URL, jika alamat itu diklik maka akan ditampilkan sebuah halaman yang berisi username dan password facebook. Kita akan disuruh menginput username dan password facebook, ketika itu terjadi maka hacker tersebut sudah mendapatkan username dan password facebook Anda.

Semoga tips facebook diatas bisa memberi manfaat dan membuat Anda bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan account facebook. Tidak itu saja tips diatas juga bisa diaplikasikan kepada situs lainnya, khususnya yang menggunakan sistem anggota dan memiliki username dan password.