Solusi Mengatasi USB Device Not Recognized

 

USB Device Not Recognized memang selalu menjadi masalah bagi para pengguna komputer maupun Laptop, hal ini terjadi karena ada terjadi sedikit gangguan dari Host controller hardware, Attached hubs, Attached devices, USB driver versions, Support for USB 2.0. Pesan error  USB Device Not Recognized terkadang akan muncul di windows  XP setiap kali Anda akan menghubungkan flashdisk, mouse USB, keyboard, modem, kabel handphone atau perangkat USB lainnya. Device atau Perangkat yang sedang Anda pakai termasuk dalam perangkat yang rawan terhadap perubahan arus listrik dan gangguan listrik statis. Salah satu device yang sering mengalami hal ini adalah USB Flashdisk.Jika ada kebocoran arus sedikit saja dalam casing yang kemudian menjalar ke flashdisk, bisa jadi menyebabkan flashdisk mengalami malfungsi. Begitu pula jika tanpa diduga ada pengaruh dari listrik statis pada lingkungan di seputar terminal USB. Hal ini diperburuk dengan kualitas casing komputer yang kebanyakan beredar di Indonesia seringkali tidak memenuhi standar keamanan grounding listrik. Faktor lain yang menyebabkan Pesan error  USB Device Not Recognized yang kadang muncul di windows XP disebabkan karena adanya terjadi kesalahan instalasi driver, yaitu Saat perangkat USB ditancapkan ke komputer (bahkan mungkin saat proses instalasi otomatis) driver USB tidak terinstall dengan baik dan justru mengakibatkan kerusakan fatal pada driver-driver USB lain.

USB device not recognized

Pesan Error USB Device Not Recognized

Berikut ini ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah Pesan error  USB Device Not Recognized :

  1. Gunakan Device Manager untuk melakukan scan guna menemukan hardware baru atau informasi perubahan hardware. Untuk melakukannya, Klik Start > Run > Ketik “devmgmt.msc” (tanpa tanda kutip) [OK]. Dari Menu Action, pilih “Scan for Hardware Changes“. Pilihan ini akan mengaktifkan deteksi hardware Windows untuk menemukan perangkat yang baru diinstall. Setelah selesai, tutup semua Device Manager dan Control Panel. Perhatikan apakah perangkat USB sudah berhasil dideteksi.

    Device Manager

    Scan for Hardware Changes

  2. Jika cara tersebut belum berhasil, silahkan Disable fasilitas Power Management of the USB hub. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:
    Klik Start > Run > Ketik “devmgmt.msc” (tanpa tanda kutip) dan akhiri dengan [OK].
    Tampilkan semua entri pada bagian Universal Serial Bus Controller, kemudian ikuti langkah berikut untuk tiap USB Root Hub yang tersedia.

    • Klik kanan USB Root Hub > Klik Properties
    • Klik Tab Power Management
    • Klik untuk menghilangkan pilihan pada check box “Allow the computer to turn off this device to save power“, akhiri dengan [OK].

      Device manager - USB device not recognized

      Device manager – USB device not recognized

  3. Jika solusi diatas belum bisa menyelesaikan masalah, silahkan bebaskan CPU dari arus listrik apapun selama beberapa saat. Matikan komputer, cabut baterai (untuk laptop), atau mencabut daya listri (untuk desktop), cabut perangkat USB Anda berikut semua kabel power yang masuk ke CPU dan Monitor. Tunggu 20 hingga 30 menit kemudian nyalakan seperti biasa. Untuk sebagian besar kasus, cara ini terbukti ampuh. Terkadang port USB yang longgar dan sudah terdapat kerusakan bisa juga menjadi salah satu penyebab gagalnya deteksi hardware USB.

Dari ketiga solusi diatas, menurut Saya yang paling ampuh dan mudah dilakukan adalah solusi yang nomer 3. Karena dari berbagai cara yang telah Saya lakukan, ternyata belum bisa menyelesaikan masalah Pesan error  USB Device Not Recognized yang kadang muncul di windows XP, berbagai cara yang telah Saya lakukan diantaranya seperti scan hardware for changes, Disable fasilitas Power Management of the USB hub, uninstal unknown device , uninstal driver, mencoba melakukan system restore. Saran Saya jika Anda mengalami masalah ini, ada baiknya langsung mencoba solusi yang nomer 3 saja, dan tidak ada salahnya juga jika Anda mau mencoba solusi nomer 1 dan 2. Pastikan juga bahwa port USB di komputer atau laptop Anda tidak longgar atau tidak rusak, jika sudah rusak solusi terbaik adalah mengganti port USB dengan yang baru.

Ok, Semoga bermanfaat dan terima kasih.