Tips Mengendarai Motor Matic

 

Cara mengendarai motor matic bisa dibilang sangatlah mudah, karena pada sepeda motor matic tidak perlu menggunakan perseneling dan kopling. Hanya dengan menyalakan mesin kemudian menarik gas, maka motor matic pun akan segera meluncur. Akan tetapi dibalik segala kemudahan mengendarai motor matic ternyata tidak selalu aman dan kemudahan bisa menjadi bahaya jika tidak terbiasa atau tidak tahu cara mengendalikannya dengan baik dan benar. Untuk meminimalisir potensi bahaya tersebut Kita perlu mengenali terlebih dahulu karakteristik sepeda motor matic. Kendala biasanya sering dihadapi oleh para pengendara motor non matic (manual) yang kemudian beralih ke motor matic. Perbedaan anatomi dan performa motor biasanya menimbulkan kesulitan bagi pengendara motor non matic.

Motor matic injeksi irit harga murah

Pada dasarnya memperlakukan motor matic dengan motor non matic tidaklah mengalami banyak perubahan, namun memang perlu sedikit penyesuaian supaya terbiasa. Berikut ini adalah beberapa tips yang baik dan benar dalam mengendarai motor matic:

  1. Pada saat akan menghidupkan mesin atau akan menekan tombol electric starter jangan lupa terlebih dahulu menekan rem dan sebaiknya menggunakan rem belakang sehingga tangan kanan bisa memegang handle gas dengan lebih baik. Hal ini dilakukan untuk mencegah motor matic melompat saat membuka putaran gas, karena posisi belt langsung menghubungkan gerak yang dihasilkan oleh mesin ke roda bagian belakang.
  2. Jika terbiasa menggunakan motor dengan perseneling, pengaturan gas mungkin belum bisa lancar. Sebab pengaturan gas antara motor dengan gigi dan motor matic memang berbeda. Oleh karena itu, kenali pengaturan gas motor matic. Sebagian motor matic telah dilengkapi dengan kunci pengamanan rem belakang. Ini membuat motor bergerak ketika tarikan gas mencapai titik rotation per minute (rpm) tertentu. Meskipun terkesan agak lambat, fungsinya adalah untuk menjaga keselamatan. Perlakukan sepeda motor matic dengan lembut, terutama dalam tarikan gas. Tujuannya adalah agar dapat menghemat bahan bakar.
  3. Pengendalian rem. Rem belakang motor non matic digerakkan dengan kaki. Sementara itu rem belakang motor matic dioperasikan dengan tuas rem. Pengoperasian tuas rem menggunakan 4 jari, sehingga kekuatan pengereman akan lebih baik. Jika kecepatan saat melaju tidak terlalu tinggi, pengendara bisa menggunakan rem belakang saja.

Itulah beberapa tips dan teknik yang bisa Anda lakukan ketika mengendarai sepeda motor matic. Tapi jangan lupa untuk menerapkan keamanan standar seperti penggunaan helm, jaket, dan sarung tangan untuk semakin menambah kesiapan Anda menghadapi situasi darurat di jalanan. Bagi yang belum punya motor matic dan saat ini sedang mencari motor matic injeksi irit harga murah, Saya menyarankan untuk membeli Yamaha Mio J karna terbukti memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan motor matic lainnya.